Monday 29 April 2013

Malware Pada Facebook



Pada jejaring sosial facebook pasti anda pernah melihat atau mengklik tautan “ Siapa yang melihat profil anda”. Bagi yang penasaran, kemungkinan akan mengklik tautan tersebut. Saat anda mengklik, anda akan diarahkan kepada halaman yang meminta ijin aplikasi tersebut untuk mengakses facebook anda. Berhati-hatilah karena sesungguhnya tautan tersebut adalah malware atau program jahat terbaru yang tengah beredar di facebook.
Pihak facebook coba memperingatkan Facebooker bahwa Facebook tidak menyediakan fungsi untuk melacak siapa yang melihat profil, timeline atau foto anda. Aplikasi pihak ke 3 (apps) juga tidak akan bisa menyediakan fungsi ini dan jika ada aplikasi yang mengklaim bisa melakukan kegiatan ini akan dihapus dari apps Facebook karena melanggar kebijakan Facebook karena melakukan pembohongan pada pengguna.
Jika anda sudah terlanjur, ada beberapa cara untuk menghalaunya, yaitu, Hapus referensi ke tautan tersebut dari News Feed Anda, dan cabut hak bagi aplikasi aneh untuk mengakses profil Anda melalui Account/ Privacy Settings/ Apps.
Hal semacam itu merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan Internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data pentingnya (data base) tersimpan dalam suatu sistem yang computerized (tersambung dalam jaringan komputer).




No comments:

Post a Comment