Thursday 25 April 2013

PEMBAJAKAN SITUS WEB DAN SOLUSINYA


Kegiatan yang biasa sering dilakukan oleh cracker adalah mengubah halaman web, yang dikenal dengan istilah deface. Pembajakan dapat dilakukan dengan mengeksploitasi lubang keamanan. Sekitar 4 bulan yang lalu, statistik di Indonesia menunjukkan satu situs web dibajak setiap harinya.  Menurut pengakuan salah seorang hacker, Anda harus mengerti secanggih apapun sistem yang dibuat untuk mengamankan sistem yang mereka punya, seorang hacker pasti mempunyai berbagai macam cara untuk bisa masuk ke dalam. Cara yang digunakan pun kadang sangat direct hit, langsung menuju firewall. Kebanyakan hacker manggunakan cara yang lebih tidak kentara.Metode yang digunakan hacker untuk menyerang sistem atau jaringan Anda sebenarnya cukup sederhana. Seorang hacker men-scan sistem yang rapuh menggunakan daemon dialer (yang akan me-redial sebuah nomor berulang-ulang sampai koneksi tercipta) atau wardialer (aplikasi yang menggunakan modem untuk men-dial ribuan nomor telepon untuk menemukan modem lain yang terhubung ke komputer).

Pendekatan lain yang gunakan untuk menunjuk komputer yang mempunyai koneksi DSL atau kabel, adalah dengan program scanner yang secara berurut mem-ping IP address sistem jaringan untuk melihat apakah sistem itu bekerja. Dimana seorang hacker bisa menemukan tool-tool semacam itu? Di internet, pastinya. Hacker juga menggunakan internet untuk mempertukarkan daftar IP address(lokasi khusus dari tiap komputer yang terhubung ke internet), yang rapuh dan tidak memiliki patch lubang keamanan. Alamat komputer yang telah diambil dengan Trojan, terbuka bagi siapa saja (pada kebanyakan kasus, pemilik komputer bahkan tidak mengetahuinya).
Jika hacker telah menemukan sebuah komputer, ia menggunakan tool seperti "Whisker" untuk mengidentifikasi sistem operasi apa yang digunakan komputer itu dan apakah ada lubang keamanan, hanya dalam satu detik. Whisker, salah satu tool legal yang digunakan administrator sistem untuk menguji keamanan sistem, juga menyediakan daftar eksploitasi yang bisa digunakan hacker untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari lubang ini. Solusi atau Penanggulangannya:
  •   Penegakkan hukum dengan landasan UU ITE (Undang Undang Informasi dan Tranksaksi Elektronik) 
  • Sosialisasi di instansi – instansi baik di pemerintahan, perkantoran maupun disekolah sekolah tentang kejahatan cyber 
  • Memperkuat sistem keamanan ( security system ) Melakukan upaya-upaya pelatihan (training) bagi para hakim, pejabat dan para penegak hukum mengenai kejahatan ekonomi dan cyber crime. 
  •  Memperluas rules of ethics dalam penggunaan komputer dan mengajarkannya melalui kurikulum informatika. 
  • Kebijakan perlindungan korban Cyber Crime sesuai dengan deklarasi PBB mengenai korban, dan mengambil langkah-langkah untuk korban melaporkan adanya cyber crime. 
  • Melakukan modernisasi hukum pidana material dan hukum acara pidana. 
  • Mengembangkan tindakan-tindakan pencegahan dan pengamanan komputer. 
  • Melakukan langkah-langkah untuk membuat peka warga masyarakat, aparat pengadilan dan penegak hukum, terhadap pentingnya pencegahan kejahatanyang berhubungan dengan komputer.

1 comment:

  1. bagaimana mengatur keamanan yang kuat untuk mencegah kejahatan cibercryme

    ReplyDelete