Monday 29 April 2013

Penipuan Cosplay Shop


Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual  produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya. Bisnis online juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya, dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet.

Toko online tidak hanya dari blog atau website semacam kaskus dan toko bagus tapi kini facebook pun sudah mulai digunakan sebagai toko online. Berbagai macam produk dapat dijual melalui account facebook tersebut. Dari mulai pakaian, alat olahraga, makanan ringan, alat elektronik, hingga berbagai macam perlengkapan cosplay dapat di jajakan dalam situs jejaring sosial tersebut.

Cosplay merupakan gabungan dari kata 'costume' dan 'role play'. Jika diartikan secara harfiah maka cosplay bisa berarti berpakaian, berdandan, sampai beraksi seperti tokoh dalam anime, manga, komik, film, atau karakter video games. Demam budaya Jepang di Indonesia memang belum usai. Keunikan dari kebudayaan Jepang ini banyak diikuti oleh kalangan anak-anak sampai dewasa, tidak terbatas hanya pada anime atau manga saja, tidak sedikit pula yang menggemari musik, film, bahkan budaya Jepang itu sendiri.

Di Indonesia, cosplay telah menjadi sebuah hobi yang semakin banyak digeluti. Banyak pula anggota dari forum-forum pecinta cosplay yang selalu berusaha mengikuti setiap kompetisi cosplay, baik itu tingkat lokal maupun nasional. Jika beruntung, mereka bahkan mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi cosplay tingkat internasional.


Tentu saja toko online sangat membantu para cosplayer (julukan orang yang melakukan cosplay) yang tidak bisa menjahit kostum mereka sendiri. Tetapi, memang tidak semua toko online bisa dipercaya ada pula penipu yang berkedok toko online. Karena itu, berhati-hatilah sebelum membeli apa pun dari toko onine.
Daftar Hitam COSPLAY SHOP yang bermasalah agar kejadian seperti ini tidak dialami oleh cosplayer lainnya. Harap berhati-hati kepada:

1.        Frey  


2.      Mizuhashi Cosplay Accesories Collection

3.      Remy Shop

4.      Momotaku CoShop

Berikut adalah bagaimana supaya kita tidak tertipu oleh toko online, walaupun tidak semua toko online ‘fake’ dan penuh tipu:
1.       Selidiki Identitas Penjual
Identitas penjual mutlak harus diketahui pembelinya demi terwujudnya rasa saling percaya antara penjual dan pembeli. Coba selidiki dan cari tahu alamat lengkap penjual beserta nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain itu, testimoni pembeli yang pernah bertransaksi juga bisa menjadi salah satu pendukung kepercayaan terhadap penjual.
2.       Waspadai Harga Promo
Ada pula  toko online cosplay yang menawarkan harga relatif lebih murah dari pada umumnya. Harga ini biasanya diklaim sebagai harga promo. Namun, jangan sampai harga promo ini malah menjatuhkan pada lubang penipuan. Coba selidiki apakah harga itu memang wajar bagi barang yang akan dibeli, karena kita semua tahu bahwa tidak ada penjual yang menginginkan kerugian.
3.      Kenali Produk
Pembeli otomatis layak danberhak mengetahui kondisi asli barang yang akan kita beli, walaupunbarang yang akan dibeli merupakan barang bekas jangan sungkan untuk meminta foto asli keadaan barang, bukan foto original barang dari situs pembuat barangnya.
4.      Tetap Waspada
Jadilah pengguna toko online yang cerdas, yang tetap waspada karena keluhan-keluhan mengenai toko online sudah tersebar dimana-mana.
inilah tips dari kami, semoga bermanfaat

1 comment: