Monday 29 April 2013

Winnti Victim




Winnti, sebagai grup hacker yang membuat malware untuk menyerang perusahaan online game.. malware Winnti menyasar perusahaan online game dengan kemampuannya untuk menandai secara digital menggunakan sertifikat yang dicuri.
Berdasarkan informasi, sebuah kelompok peretas bernama Winnti  memiliki program jahat yang bertujuan mencuri sumber kode dalam sebuah proyek game online dan sertifikat digital dari vendor perangkat lunak yang sah. Selain itu, kelompok ini juga memiliki ketertarikan kepada pengaturan sebuah jaringan infrastruktur dalam sebuah game online seperti ide konsep, desain, dan lainnya.


Para pakar Kaspersky Lab mulai menganalisis kegiatan kelompok Winnti dan menemukan bahwa lebih dari 30 perusahaan di industri game online telah diserang oleh kelompok Winnti, kebanyakan dari perusahaan yang diserang adalah perusahaan pengembang software yang memproduksi video game online di Asia Tenggara.
Selain Indonesia, Winnti juga menyerang di  Korea Selatan, Cina, Rusia, Belarus, Jerman, Amerika Serikat, Brasil, Peru, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Jepang.
Insiden pertama yang menarik perhatian terhadap kegiatan berbahaya kelompok Winnti terjadi pada musim gugur 2011 (September–Desember) ketika sebuah Trojan berbahaya dideteksi menyusupi sejumlah besar komputer di seluruh dunia. Komputer-komputer yang terinfeksi adalah komputer yang digunakan untuk memainkan online game populer. Kemudian ada titik terang bahwa program berbahaya yang menginfeksi komputer-komputer tersebut adalah bagian dari update regular dari server resmi perusahaan game. 
Selain memata-matai industri, Kaspersky Lab mengidentifikasi tiga skema utama monetization yang bisa digunakan kelompok Winnti, yaitu memanipulasi akumulasi mata uang di dalam permainan (in-game); menggunakan kode sumber yang dicuri dari server game online untuk mencari kerentanan di dalam game tersebut lalu meningkatkan dan mempercepat manipulasi mata uang in-game dan pengumpulannya tanpa menimbulkan kecurigaan; serta menggunakan kode sumber yang dicuri dari server online game populer untuk menjalankan server bajakan milik mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment